Supplier Case HP - HANDAL Jakarta

pertumbuhan-aplikasi-seluler-meningkat-31%-pada-q1-2021

Pertumbuhan Aplikasi Seluler Meningkat 31% pada Q1 2021


Jakarta, Selular.ID

– Adjust, platform pemasaran aplikasi global, meluncurkan laporan Tren Aplikasi Seluler tahunan terbarunya, yang menunjukkan bahwa pertumbuhan aplikasi seluler terus mengalami akselerasi di tingkat global pada tahun 2021.

Setelah mengalami kenaikan sebesar 50% dalam semua kategori aplikasi dari tahun ke tahun (YoY) pada tahun 2020, jumlah instalasi aplikasi pada kuartal pertama (Q1) kini juga tercatat meningkat sebesar 31% YoY pada kuartal pertama tahun 2021.

Dalam catatan Adjust, jumlah instalasi dan sesi pada aplikasi game, e-commerce dan fintech meningkat secara signifikan. Di sisi lain, jumlah sesi, waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi yang dilaporkan meningkat 30% pada tahun 2020, juga kembali meningkat sebesar 4,5% di tahun 2021.

“App economy mengalami pertumbuhan yang luar biasa di tahun 2020, karena masyarakat di seluruh dunia menyadari manfaat dari sektor mobile dalam berbagai aspek kehidupan mereka,” kata Paul H. Müller, Co-Founder dan CEO, Adjust dalam keteranganya, Kamis (27/5).

Laporan tersebut didasarkan pada top 2000 aplikasi menurut Adjust dan dataset. Dengan informasi ini, para pengembang dan pemasar dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang audience mereka dan kondisi app economy.

“Lalu bagi pemasar seluler, potensi untuk menjangkau pengguna baru sangat tinggi, tetapi persaingan juga semakin ketat. Sehingga upaya untuk meningkatkan pemasaran melalui otomatisasi dan informasi tentang perilaku pengguna dalam aplikasi sepanjang perjalanan pengguna menjadi semakin penting,” tutur Paul.

Sebagai catatan, menurut Adjust, aplikasi fintech berhasil mencapai pertumbuhan YoY terbaik dari segi jumlah instalasi untuk semua kategori aplikasi 51% pada tahun 2020. Jumlah instalasi kembali meningkat pada tahun 2021, sebesar 12%, dibandingkan dengan rata-rata pada tahun 2020. Hal ini tentunya didukung oleh tingkat pengadopsian yang tinggi bagi aplikasi trading seperti Robinhood, Acorns dan Gatsby.

Jumlah sesi aplikasi fintech juga meningkat di tahun 2020 ini menunjukkan peralihan yang signifikan menuju perbankan dan pembayaran digital. Jumlah sesi meningkat sebesar 85% YoY dan telah meningkat sebesar 35% di tahun 2021.

Sementara itu untuk kategori game, juga sangat booming di 2020, dimana game katagori hiperkasual jumlah instalasi meningkat sebesar 43% dibandingkan dengan peningkatan game non-hiperkasual sebesar 26%.

Sejauh ini untuk tahun 2021, jumlah sesi game hiperkasual menurun sebesar 21%, tetapi karena peningkatan luar biasa di masa lockdown pertama yang ketat sudah tidak lagi terjadi, kinerja YoY kurang lebih tetap sama, dan bertumbuh secara konstan, dimana kinerja bulan Februari melampaui kinerja bulan Januari sebesar 47%.

Scroll to top